My Picture

Some text here.

More about me»

Selasa, 06 September 2011

Sistem Jaringan Komputer

Sistem jaringan komputer adalah sekelompok hardware seperti PC, Printer, dan peralatan lain yang terhubung satu sama lain dan masing-masing terjadi interaksi komunikasi.

KONFIGURASI JARINGAN
Konfigurasi jaringan dibagi menjadi dua yaitu :
1.      Peer to peer : Konfigurasi ini biasanya melibatkan kurang dari 10 komputer (station)




2.      Client/Server : Konfigurasi client/server lebih cocok untuk jaringan skala besar. Dalam konfigurasi ini terdapat satu komputer sebagai pusat kendali yang disebut dengan Server



JENIS - JENIS JARINGAN KOMPUTER
1.      LAN (Local Area Network)
Suatu sistem yang menghubungkan komputer dan peralatan lain bersama-sama dalam sebuah jaringan yang tidak luas, seperti di dalam satu kantor atau gedung.

2.      WAN (Wide Area Network) 

Suatu sistem jaringan yang menghubungkan antar jaringan lokal yang satu dengan yang lain, sehingga terbentuk sistem jaringan yang lebih luas
















3.   WLAN (Wireless Local Area Network)

Prinsipnya sama dengan LAN, tetapi medium tranformasi data berbeda. Jika LAN menggunakan medium kabel, tetapi WLAN menggunakan medium gelombang elektromagnetik.

4.   MAN (Metropolitan Area Network)

MAN adalah sistem jaringan yang memiliki radius pelayanan terbatas pada sebuah kota atau propinsi

JENIS MEDIA BERDASAR MEDIA TRANSMISI :
  1. Jenis jaringan kabel, yaitu LAN
  2. Jenis Wireless (nirkabel)
INTERNET
Internet adalah sebuah sistem jaringan global, yaitu jaringan komputer seluruh dunia yang melibatkan berbagai infrastruktur jaringan seperti DNS Server, Web server, E-Mail Server, dan lain-lain
INTRANET
Intranet adalah miniatur jaringan internet yang biasanya berorientasi pada sebuah jaringan lokal suatu kantor atau gedung.

EXTRANET
Extranet memiliki skala lebih luas dibandigkan intranet. Extranet biasanya diterapkan untuk perusahaan-perusahaan besar yang memiliki gedung atau cabang-cabang yang berjauhan atau kolaborasi beberapa perusahaan yang berbeda.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

please leave a comment :)

Followers

About Me

Foto saya
an ordinary teenager. just a student in sma 5 malang. experience around of health and redcross. like`sastra`, politic, science, communication and friendship.